Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di Klinik Permata Bunda Rengat.

  • Elza Rachman Panca PriyandaPharmacy Major, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Har-Kausyar, Indragiri Hulu, Indonesia
  • Oktri LestariPharmacy Major, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Har-Kausyar, Indragiri Hulu, Indonesia
  • Riri Amanda FitrianaPharmacy Major, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Har-Kausyar, Indragiri Hulu, Indonesia
  • Futri HandayaniPharmacy Major, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Har-Kausyar, Indragiri Hulu, Indonesia
  • Ayu Dwi UtamiPharmacy Major, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Har-Kausyar, Indragiri Hulu, Indonesia

Abstract

Pelayanan adalah hal penting yang menjadi bukti jaminan kepuasan pasien, hal ini juga sudah menjadi salah satu hal utama yang menentukan kualitas sebuah pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di klinik permata bunda. kepuasan pasien dengan pelayanan merupakan variabel penting untuk menilai jaminan kepuasan pasien telah digunakan sebagai indikator kualitas pelayanan sebagai sarana untuk mengidentifikasi pasien yang memiliki nilai lebih tinggi atau kemungkinan kepatuhan yang lebih rendah dengan program pengobatan, dan sebagai tolak ukur untuk menilai daya saing pasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui media google form. Data dianalisis menggunakan statistik uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian 90% menyatakan puas terhadap pelayanan di Klinik Permata Bunda. Kepuasan pelayanan pasien rawat jalan terdistribusi secara menyeluruh dengan mayoritas termasuk pada kategori puas. Indikator tingkat kepuasan pasien tidak ada perbedaan berdasarkan berdasarkan karakteristik Jenis kelamin, Usia, dan Pekerjaan. Dalam penelitian yang telah dilakukan mayoritas konsumen/pasien yang berobat di Klinik Permata Bunda menyatakan kepuasan yang tinggi pada variabel ketanggapan dan masih ada variabel yang masuk kedalam kategori tidak puas.

Full Text:

PDF

BIBLIOGRAFI

Aritonang, Lerbin R., & Lerbin, R. (2005). Kepuasan pelanggan. Gramedia. Jakarta.

Aryani, Fina, Husnawati, Husnawati, Muharni, Septi, & Afrianti, Richa. (2015). Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia)12(1). Google Scholar

Budiman S, Herlina N. (2010). Hubungan status demografi dengan kepuasan masyarakat tentang pelayanan Jam kesmas di wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Kartika., 1�17.

Einurkhayatun, Biyanda, Suryoputro, Antono, & Fatmasari, Eka Yunila. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip)5(4), 33�42. Google Scholar

Faramita, Nanditya Ika, & Wiyanto, Satra. (2016). Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya29(3), 245�251. Google Scholar

Gaghana, Veicy F., Siagian, Iyone E. T., Palandeng, Henry M. F., & Monintja, Tyrsa. (2014). Tingkat kepuasan pasien Universal Coverage terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Tuminting Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas Dan Tropik2(1). Google Scholar

Hardi, John. (2010). Analisis tingkat kepuasan pasien umum dan pasien jamkesmas terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSUD Pasaman Barat tahun 2010. Universitas AndalasGoogle Scholar

Harijono, Hilda, & Soepangkat, Bobby Oedy P. (2011). Upaya peningkatan kualitas layanan farmasi Rsk. St Vincentius A Paulo Surabaya dengan menggunakan metode servqual dan QFD. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV Program Studi MMT-ITS, Surabaya23. Google Scholar

Hasan, Sanah, Sulieman, Hana, Stewart, Kay, Chapman, Colin B., Hasan, Mohammed Yousif, & Kong, David C. M. (2013). Assessing patient satisfaction with community pharmacy in the UAE using a newly-validated tool. Research in Social and Administrative Pharmacy9(6), 841�850. Google Scholar

Horvat, Nejc, & Kos, Mitja. (2010). Development and initial validation of a patient satisfaction with pharmacy performance questionnaire (PSPP-Q). Evaluation & the Health Professions33(2), 197�215. Google Scholar

Kurniawan, Arif, & Intiasari, Arih Diyaning. (2012). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Banyumas. Kesmas Indonesia5(2), 169�179. Google Scholar

Mumu, Like J. (2015). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. JIKMU5(4). Google Scholar

Pohan, I. S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Edisi Kedua. Jakarta: Buku KedokteranGoogle Scholar

Putria, Hilna, Maula, Luthfi Hamdani, & Uswatun, Din Azwar. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu4(4), 861�870. Google Scholar

Risnandi, C. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lingga, Kabupaten Kubu Raya [skripsi]. Jakarta: STIK St. CarolusGoogle Scholar

Sari, Norma. (2014). Pemberdayaan Hak Konsumen atas Informasi Obat. Jurnal Media Hukum21(2), 16. Google Scholar

Smith, D., Maharaj, S., & James, K. (2011). Satisfaction with pharmacy services and its relationships with the control of selected chronic diseases. West Indian Medical Journal60(3), 293. Google Scholar

Sriatmi, Ayun, Suryawati, Chriswardani, & Hidayati, Aulia Nur. (2014). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro2(1), 18333. Google Scholar

Supartiningsih, Solichah. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit6(1), 9�15. Google Scholar

Winanto, Aris. (2013). Persepsi konsumen terhadap pelayanan apotek di kota Ranai kecamatan Bunguran Timur kabupaten Natuna. Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN1(1). Google Scholar

Yuniar, Yuyun, & Handayani, Rini Sasanti. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 39�48. Google Scholar

Copyright holder:Elza Rachman Panca Priyanda, Oktri Lestari, Riri Amanda Fitriana, Futri handayani, Ayu Dwi Utami(2021)First publication right:Syntax Idea